Animasi Bergerak

Rabu, 03 Januari 2018

Revisi Taksonomi Bloom


Konsep Dasar Taksonomi Bloom
Konsep Taksonomi Bloom dikembangkan pada tahun 1956 oleh Benjamin Bloom, seorang psikolog bidang pendidikan. Konsep ini mengklasifikasikan tujuan pendidikan dalam tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
Ranah kognitif meliputi fungsi memproses informasi, pengetahuan dan keahlian mentalitas. Ranah afektif meliputi fungsi yang berkaitan dengan sikap dan perasaan. Sedangkan ranah psikomotorik berkaitan dengan fungsi manipulatif dan kemampuan fisik.
Ranah kognitif menggolongkan dan mengurutkan keahlian berpikir yang menggambarkan tujuan yang diharapkan. Proses berpikir mengekspresikan tahap-tahap kemampuan yang harus siswa kuasai sehingga dapat menunjukan kemampuan mengolah pikirannya sehingga mampu mengaplikasikan teori ke dalam perbuatan. Mengubah teori ke dalam keterampilan terbaiknya sehinggi dapat menghasilkan sesuatu yang baru sebagai produk inovasi pikirannya. Untuk lebih mudah memahami taksonomi bloom, maka dapat dideskripsikan dalam dua pernyataan di bawah ini:
1. Memahami sebuah konsep berarti dapat mengingat informasi atau ilmu mengenai konsep itu.
2. Seseorang tidak akan mampu mengaplikasikan ilmu dan konsep jika tanpa terlebih dahulu memahami isinya.
Konsep Taksonomi Bloom Edisi Revisi
Konsep tersebut mengalami perbaikan seiring dengan perkembangan dan kemajuan jaman serta teknologi. Salah seorang murid Bloom yang bernama Lorin Anderson merevisi taksonomi Bloom pada tahun 1990. Hasil perbaikannya dipublikasikan pada tahun 2001 dengan nama Revisi Taksonomi Bloom. Dalam revisi ini ada perubahan kata kunci, pada kategori dari kata benda menjadi kata kerja. Masing-masing kategori masih diurutkan secara hirarkis, dari urutan terendah ke yang lebih tinggi. Pada ranah kognitif kemampuan berpikir analisis dan sintesis diintegrasikan menjadi analisis saja. Dari jumlah enam kategori pada konsep terdahulu tidak berubah jumlahnya karena Lorin memasukan kategori baru yaitu creating yang sebelumnya tidak ada.

 />
Setiap kategori dalam Revisi Taksonomi Bloom terdiri dari subkategori yang memiliki kata kunci berupa kata yang berasosiasi dengan kategori tersebut. Kata-kata kunci itu seperti terurai di bawah ini:
1. Mengingat : mengurutkan, menjelaskan, mengidentifikasi, menamai, menempatkan, mengulangi , menemukan kembali dsb.
2. Memahami : menafsirkan, meringkas, mengklasifikasikan, membandingkan, menjelaskan, mebeberkan dsb.
3. Menerapkan : melaksanakan, menggunakan, menjalankan, melakukan, mempraktekan, memilih, menyusun, memulai, menyelesaikan, mendeteksi dsb
4. Menganalisis : menguraikan, membandingkan, mengorganisir, menyusun ulang, mengubah struktur, mengkerangkakan, menyusun outline, mengintegrasikan, membedakan, menyamakan, membandingkan, mengintegrasikan dsb.
5. Mengevaluasi : menyusun hipotesi, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, mebenarkan, menyalahkan, dsb.
6. Berkreasi : merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, membaharui, menyempurnakan, memperkuat, memperindah, menggubah dsb.
Dalam berbagai aspek dan setelah melalui revisi, taksonomi Bloom tetap menggambarkan suatu proses pembelajaran, cara kita memproses suatu informasi sehingga dapat dimanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa prinsip didalamnya adalah:
· Sebelum kita memahami sebuah konsep maka kita harus mengingatnya terlebih dahulu
· Sebelum kita menerapkan maka kita harus memahaminya terlebih dahulu
· Sebelum kita mengevaluasi dampaknya maka kita harus mengukur atau menilai
· Sebelum kita berkreasi sesuatu maka kita harus mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis dan mengevaluasi, serta memperbaharui
 
Pentahapan berpikir seperti itu bisa jadi mendapat sanggahan dari sebagian orang. Alasannya, dalam beberapa jenis kegiatan, tidak semua tahap seperti itu diperlukan. Contohnya dalam menciptakan sesuatu tidak harus melalui penatahapan itu. Hal itu kembali pada kreativitas individu. Proses pembelajaran dapat dimulai dari tahap mana saja. Namun, model pentahapan itu sebenarnya melekat pada setiap proses pembelajaran secara terintegrasi.
Sebagian orang juga menyanggah pembagian pentahapan berpikir seperti itu karena dalam kenyataannya siswa seharusnya berpikir secara holistik. Ketika kemampuan itu dipisah-pisah maka siswa dapat kehilangan kemampuannya untuk menyatukan kembali komponen-komponen yang sudah terpisah. Model penciptaaan suatu produk baru atau menyelesaian suatu proyek tertentu lebih baik dalam memberikan tantangan terpadu yang mendorong siswa untuk berpikir secara kritis.
Tujuan Pembelajaran
Apa yang dimaksud dengan “tingkatan” atau “kompleksitas” dari tujuan pembelajaran? Anderson, Krathwohl dan kawan-kawan melakukan peningkatan terhadap taksonomi Bloom versi klasik kepada incorporate advances dalam teori pembelajaran dan praktek sejak awal, serta menawan kerangka kerja dua dimensi tujuan pembelajaran sebagai berikut:
Kerangka dua dimensi di atas membedakan antara jenis pengetahuan (knowledge) yang dipelajari (misalnya Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur, metakognitif), dengan jenis proses kognitif yang digunakan (mengingat, Memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, atau berkreasi). Dimensi horizontal proses kognitif sejalan dengan kategori taksonomi Bloom asli, ditulis ulang untuk bentuk kata kerja aktif. (mengevaluasi dan berkreasi, sebelumnya adalah Sintesis dan Evaluasi, juga berubah tempat untuk mencerminkan meta-analisis). Dimensi vertikal jenis pengetahuan (knowledge) dalam kerangka dua dimensi tujuan pembelajaran di atas sejalan dengan kerangka kerja lainnya misalnya dari karya David Merrill atau Ruth Clark.
Tiga kolom sebelah kiri, adalah korelasi yang kuat antara proses kognitif dan jenis konten pengetahuan, seperti yang ditunjukkan oleh berbayang blok. Artinya, yang paling sering kita harapkan dari peserta didik untuk mengingat fakta-fakta, memahami konsep-konsep, dan menerapkan prosedur, meskipun juga memungkinkan untuk mencapai tujuan pembelajaran di sel lain, misalnya menerapkan Konsep. Tiga kolom paling kanan, umumnya merupakan beberapa jenis konten pengetahuan dari masing-masing proses kognitif yang bersifat lebih kompleks. Di bagian bawah ditambahkan satu baris istilah yang sering digunakan untuk mengkarakterisasi tujuan-tujuan pembelajaran tersebut, yaitu pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan kemampuan (ability).
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dengan berdasarkan tujuan pembelajaran taksonomi edisi revisi lebih mengembangkan kelas berbasis pelatihan yang dipimpin instruktur, pelatihan online, atau campuran dari keduanya. Pembelajaran dalam hal ini diarahkan dengan menyertakan lingkungan yang mendukung kegiatan pembelajaran dan membantu peserta didik agar terlibat dengan konten. Selain itu juga memastikan bahwa kegiatan, termasuk penilaian, sesuai dengan tujuan yang ditetapkan untuk pembelajaran. Untuk memfasilitasi ini, Anderson / Krathwohl dari Bloom belajar menyuguhkan sebuah kerangka di mana untuk menentukan bagaimana berbagai kegiatan berjalan sesuai dengan berbagai tujuan dalam taxonomi edisi revisi. Jenis kegiatan itu meliputi:
· dokumen-dokumen informatif (Informational Documents);
· pengelolaan alat bantu (Organizational Aids);
· diagram kegiatan (Diagrammatic Activities), misalnya flowcharts, peta informasi dll
· diskusi-diskusi (Discussions);
· kegiatan kolaboratif (Collaborative Activities);
· Authentic Practice;
· Prsentasi (Presentations);
· mengerjakan alat bantu (Job Aids);
· Demonstrations;
· Drill/Practice;
· Modeling.
Kegiatan belajar seperti di atas sangat cocok untuk mendukung tingkat yang berbeda atau kompleksitas tujuan pembelajaran, seperti yang didefinisikan di atas dalam Taksonomi Bloom. Dengan menggunakan dua dimensi taksonomi untuk mengklasifikasikan tujuan pembelajaran, kita akan dapat dapat menawarkan desainer pembelajaran dan bahkan pengembangan alat bantu yang dapat digunakan untuk memilih kegiatan pembelajaran yang paling tepat, termasuk penilaian, yang sesuai dengan jenis tujuan pembelajaran.
Dengan pemikiran ini, kita dapat melihat beberapa jenis kegiatan yang mendukung bidang taksonomi tersebut:
Strategi Penilaian
Taxonomi yang dijelaskan di atas dapat diterapkan secara langsing dalam penilaian yang real. Berikut adalah beberapa jenis aktivitas penilaian yang dapat dilakukan:
· 
· Multiple Choice (Recall, Interpretations, Summaries, predictions, Best Answer, etc.)
· Matching (concepts, cause & effect, etc.)
· Sequencing
· Multiple True/False
· Short Answer Essay
· Comprehension Item Set
· Interlineal Item Set
· Pictoral Item Set
· Lab: High-Inference
· Lab: Low-Inference
· Interactive video/simulation
· Instrumented lab
· Visual observation/rating
· Item set FIB
· Project
· Instrument-aided observation
· Anecdotal (formative)
· Demonstration with rating scale/checklist
· Exhibition
· Performance
· Differentiation interlineal set
· Knowledge mapping
· Problem-solving item set
· Discussion (formative)
· Essay (rated on use of principles, procedures, etc.)
· Review/critique
· Constructed Response
· Self-assessment (formative)
Item-item penilaian di atas tidak disajikan dalam urutan tertentu. Mereka disesuaikan dengan taksonomi sebagai berikut:
Psikomotorik
Paradigma di masa lalu menjujung tinggi penguasan teoritis, kini menjujung tinggi nilai-nilai pragmatis. Keberhasilan belajar tidak hanya diukur dengan seberapa banyak materi yang dapat siswa kuasai, namun perlu dilanjutkan dengan seberapa terampil siswa menerapkan teori yang dikuasainya. Terampil menerapkan teori menjadi karya menjadi target utama belajar masa kini.
Domain psikomotorik berbeda dengan menerapkan dalam domain kognitif. Dalam pengembangan kognitif menyangkut pengembangan kemampuan berpikir, sedangkan dalam domain psikomotor menurut Simpson, 1972, menyangkut keterampilan gerakan dan kordinasi secara fisik dalam menggunakan keterampilan fisik. Ukuran pengembangan keterampilan fisik adalah kecepatan, ketepatan, jarak, prosedur, atau teknik pelaksanaan. Tingkat penguasaan keterampilan terbagi dalam tujuh kategori, yaitu:
· Mempersepsikan, yaitu keterampilan menggunakan berbagai isyarat sensor untuk melakukan aktivitas motorik seperti keterampilan menerjemahkan isyarat indra. Kata kunci yang digunakan dalam keterampilan ini ialah memilih, menggambarkan, mendetiksi, membedakan, mengidentifikasi, mengisolasi, dan menghubungkan.
· Menyiapkan; meningkatkan kesiapan fisik, mental, dan emosional untuk melakukan suatu tindakan. Kata kunci yang digunakan dalam keteramilan ini ailah; memulai, menyajikan, menerangkan, bergerak, menghasilkan, berkreasi, dan menyatakan.
· Menanggapi respon; tahap awal dalam keterampilan belajar yang kompleks adalah keterampilan meniru dan trial and error. Ketepatannya ditentukan latihan. Kata kunci yang digunakan adalah meng-copy, mengikuti jejak, memperbanyak, merespon, dan bereaksi.
· Mekanis, adalah tahap peralihan dalam belajar melalui pengembangan kebiasaan dan melakukan gerakan yang didukung dengan keyakinan dan rasa percaya diri. Kata kunci yang digunakan adalah merakit, mengkalibarasi, menbangun konstruksi, membongkar, menampilkan, mengikat, memperbaiki, memanaskan, memanipulasi,mengukur, mencampur, mengorganisasikan, memubuat sketsa.
· Mengembangkan respon yang kompleks. Keterampilan direfleksikan dalam gerak yang kompleks. Kemahiran ditunjukkan dengan kinerja yang cepat, akurat, sangat terkoordinasi, dan menggunakan energi minimal. Kategori ini termasuk melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu, dan aksi otomatis. Contoh dalam bermain sepakbola yang menggunakan kata kunci; bertindak cepat, akurat, terkoordinasi.
· Adaptasi: Keterampilan yang dikembangkan dengan baik secara individu dapat memodifikasi pola pergerakan sesuai persyaratan khusus. Kata kunci yang digunakan menyesuaikan, menggubah, mengubah, menata kembali, mereorganisasi, merevisi, memvariasikan.
· Orisinalitas; membuat gerakan baru sehingga sesuai dengan keadaan tertentu. Pembelajaran menekankan pada pengembangan kreativitas yang berlandaskan keterampilan tinggi. Kata kunci yang digunakan adalah menyusun, membangun, menggabungkan, mengarang, mengkonstruksi, menciptakan, mendesain, memulai, dan membuat.
Referensi:
· Elizabeth Dalton, The “New Bloom’s Taxonomy,” Objectives, and Assessments”
· Prof. Dr. Maksum, M.A., Taksonomi Bloom Revisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar