Animasi Bergerak

Rabu, 03 Januari 2018

Makalah Kompetensi Kepribadian Guru







ETIKA DAN PROFESI GURU 
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Etika dan Profesi Guru 
Dosen Pengampu: Nina Oktarina, S.pd, M.pd




Disusun Oleh:

Tata Cahyasari Kardiana            7101415122
Wildan Maulana                         7101415152
Desti Cahya Putri                       7101415249
Debby Shintya Nandey              7101415263
Sri Lanjari                                   7101415279
Dyah Bagus Al Faiz                    7101415301
Aldo Bagas                                  7101415382

 



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang 

Pada zaman modern seperti sekarang ini masyarakat berlomba-lomba dalam hal persaingan kualitas atau mutu, hal itu menuntut semua pihak dalam berbagai bidang untuk senantiasa meningkatkan kompetensi. Dan salah satunya adalah pada profesi guru. Guru sebagai main person harus memiliki kompetensi yang tinggi dan mengembangkan kompetensi yang di miliki, terutama kompetensi kepribadian.
Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama pada proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. 
Oleh karena itu, upaya perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan akan memberikan kontribusi yang signifikan jika didukung oleh guru yang profesional dan berkualitas. Dalam hal mendidik, guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang tinggi karena pribadi guru juga sangat berperan dalam membentuk pribadi peserta didiknya. 

1.2  Rumusan Masalah 

1. Apa pengertian dari kompetensi keperibadian guru?
2. Bagaimana kompetensi kepribadian guru menurut UU?
3. Apa saja aspek-aspek kompetensi kepribadian guru?
4. Apa saja upaya meningkatkan kompetensi kepribadian guru?

1.3  Tujuan 

1.  Untuk mengetahui pengertian dari kompetensi kepribadian guru
2.  Untuk mengetahui bagaimana kompetensi kepribadian guru menurut UU
3.  Untuk mengetahui aspek aspek kompetensi kepribadian guru
4.  Untuk mengetahui upaya peningkatan kompetensi kepribadian guru

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Kompetensi Kepribadian Guru

Kompetensi guru menurut Echols dan Shadily (2002:132) adalah kumpulan pengetahuan, perilaku dan keterampilan yang harus dimiliki guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan. Kompetensi diperoleh melalui pendidikan, pelatihan, dan belajar mandiri dengan memanfaatkan sumber belajar.
Sedangkan kompetensi kepribadian guru menurut Mulyasa (2013: 38) adalah semua keterampilan yang ada, pengetahuan dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga ia dapat melaksanakan perbuatan-perbuatan yang bersifat kognitif, memiliki sifat afektif dan psikomotorik dengan baik.

2.2  Kompetensi Kepribadian Guru Menurut UU


Dalam Standar Nasional Pendidikan, penjelasan Pasal 28 ayat (3) butir b dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, berakhlak mulia, mengevaluasi kinerja sendiri, dan mengembangkan diri.

2.3  Aspek-Aspek Kompetensi Kepribadian


Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Secara rinci kompetensi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
1) Mantab, stabil, dan dewasa
Mantab berarti tetap, kukuh, kuat. Pribadi mantab berarti memiliki suatu kepribadian yang tidak tergoyahkan agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, profesional dan bertanggung jawab.
Stabil berarti kokoh, tidak goyah. Jadi pribadi stabil merupakan suatu kepribadian yang kokoh. Sedangkan dewasa secara bahasa sampai umur; akil; balig. Memiliki kepribadian yang mantab dan stabil, yang indikatornya bertindak sesuai dengan norma hukum, norma sosial. Memiliki kepribadian dewasa dengan ciri-ciri, menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik yang memiliki etos kerja. dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, profesional dan dapat dipertanggung jawabkan, guru harus memiliki kepribadian yang mantab, stabil dan dewasa. 
Seorang pendidik bukan hanya melatih manusia untuk hidup, maka karakter guru merupakan hal yang sangat penting. Itu sebabnya meskipun murid pulang ke rumah meninggalkan sekolah atau kampus, mereka tetap akan mengenangnya dalam hati dan pikiran mereka, kenangan tentang kepribadian yang agung di mana mereka pernah berinteraksi dalam masa tertentu dalam hidup mereka.
Hal ini sangat penting bagi kepribadian guru, karena banyak faktor kepribadian guru yang kurang stabil, mantab dan kurang dewasa. Kondisi kepribadian yang demikian sering membuat guru melakukan tindakan-tindakan yang tidak profesional, tidak terpuji, bahkan tindakan yang tidak senonoh yang akan merusak citra seorang guru.

2) Arif dan Berwibawa
Arif dapat berarti bijaksana, cerdik, pandai, berilmu, mengetahui. Memiliki kepribadian arif, yang ditunjukan dengan tindakan yang bermanfaat bagi peserta didik, sekolah dan masyarakat serta menunjukan keterbukaan dalam berfikir dan bertindak. Guru bukan hanya menjadi seorang manusia pembelajar tetapi menjadi pribadi bijak, seorang saleh yang dapat mempengaruhi pikiran generasi muda. 
Kemudian yang dimaksud berwibawa berarti mempunyai wibawa (disegani dan dipatuhi). Kinerja seorang pendidik akan lebih efektif apabila didukung dengan penampilan kualitas kewibawaan. Secara umum kewibawaan pada seseorang dapat membuat pihak lain menjadi tertarik, bersifat mempercayai, menghormati, dan menghargai.

3) Menjadi teladan
Guru merupakan teladan bagi para peserta didik dan semua orang yang beranggapan dia sebagai guru. Pribadi guru sangat berperan dalam membentuk pribadi peserta didik. Ini dapat dimaklumi karena manusia merupakan makhluk yang suka mencontoh, termasuk mencontoh pribadi gurunya dalam membentuk pribadinya.  Secara teoritis, menjadi teladan merupakan bagian integral dari seorang guru, sehingga menjadi guru berarti menerima tanggung jawab menjadi teladan.
Menjadi teladan merupakan sifat dasar kegiatan pembelajaran, dan ketika seorang guru tidak mau menerima ataupun menggunakannya secara konstrutif maka telah mengurangi keefektifan pembelajaran. Sebagai teladan, tentu saja pribadi dan apa yang dilakukan guru akan mendapat sorotan peserta didik serta orang di sekitar lingkunganya yang menganggap atau mengakuinya sebagai guru. 

4) Berakhlak mulia
Guru harus berakhlak mulia, karena ia adalah seorang penasihat bagi peserta didik, bahkan bagi orang tua. Dengan berakhlak mulia, guru dalam keadaan bagaimanapun harus memiliki sifat istiqamah dan tidak tergoyahkan. Guru yang berakhlak mulia akan menjadi panutan bagi siswa dalam menghadapi berbagai situasi apapun.
Garder dan Cowell menyatakan, “Satu karakteristik sekolah yang baik ialah bahwa kondisi moral gurunya tinggi. Kondisi moral tinggi berarti guru mempunyai rasa percaya diri dan antusiasme. Percaya diri berarti bahwa guru mengetahui ia dapat bekerja baik. Antusiasme berarti bahwa guru sungguh-sungguh ingin bekerja baik”.
Kompetensi kepribadian guru yang dilandasi dengan akhlak mulia, tentu tidak tumbuh dengan sendirinya begitu saja, tetapi memerlukan ijtihad yang mujahadah, yakni usaha sungguh-sungguh, kerja keras, tanpa mengenal lelah dengan niat ibadah tentunya. Melalui guru yang demikianlah, berharap pendidikan menjadi ajang pembentukan karakter bangsa.

5) Mengevaluasi kinerja sendiri
Pengalaman adalah guru terbaik, demikian dalam pepatah tersebut mengingatkan pengalaman mengajar merupakan modal besar guru unruk meningkatkan mengajar di kelas. Pengalaman di kelas memberikan wawasan bagi guru unruk memahami karakter anak-anak, dan bagamana cara terbaik untuk menghadapi keragaan tersebut. Guru jadi tahu metode apa yang terbaik bagi mata pelajaran apa, karena telah mencoba berkali-kali.
 Pengalaman bisa berguna bagi guru jika ia senantiasa melakukan evaluasi pada setiap selesai pengajarannya. Tujuan evaluasi kinerja diri adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran di masa mendatang. Umar bin Utbah berkata kepada guru anaknya:
Hal pertama yang harus anda lakukan dalam mendidik anakku adalah memperbaiki dirimu sendiri, karena matannya melihatmu. Kebaikan baginya asalah apa yang lakukan, dan keburukan adalah apa yang tinggalkan.”
Guru dapat mengetahui mutu pengajarannya dari respos atau umpan balik yang diberikan para siswa saar pembelajaran berlangsung atau setelahnya, baik di dalam kelas mupun luar kelas. Guru dapat menggunakan umpan balik tersebut sebagai bahan evaluasi kinerjanya. Serta merta guru siap menerima saran dari kepala sekolah, rekan sejawat, tenaga kependidikan, termasuk dari para siswa.

6) Mengembangkan diri
Di antara sifat yang harus dimiliki guru ialah pembelajar yang baik atau pembelajar mandiri, yaitu semangat yang besar untuk menuntut imu. Sebagai contoh kecil yaitu kegemarannya membaca dan berlatih keterampilan yang dapat menunjang peofesinya sebagai pendidik. Berkembang dan bertumbuh hanya dapat terjadi jika guru mampu konsisten sebagai pembelajar mandiri, yang cerdas memanfaatkan fasilitas pendidikan yang ada di sekolah dan lingkungannya.

2.4  Upaya Meningkatkan Kompetensi Kepribadian

Kepribadian guru pada saat ini dianggap “kurang hidup”. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kepribadian guru yang kurang hidup saat ini , antara lain : 
1. Proses rekruitmen guru yang mengedepankan kemampuan teknis (hardskills) tanpa memperhatikan kemampuan non teknis (softskills) seperti kemampuan manajemen diri dan orang lain. Tidak sedikit lembaga pendidikan merekrut guru dengan tidak memperhatikan kedua ketrampilan tersebut.
2. Pendidikan dan pelatihan guru yang menekankan pada kemampuan guru menguasai kurikulum.
3. Tidak dipahaminya profesi guru sebagai profesi panggilan hidup, artinya guru merupakan pekerjaan yang membantu mengembangkan orang lain dan mengembangkan guru tersebeut sebegai pribadi.

Berkaitan dengan masalah tersebut maka dalam perekrutan tenaga kerja guru hendaknya juga memperhatikan kemampuan non teknis (softskills) yang terkait dengan aspek kepribadian guru. Selain itu juga perlu pemahaman yang lebih terhadap profesi guru. Profesi guru harus dipahami sebagai penggilan hidup karena tidak hanya kemampuan teknis saja melainkan kemampuan non teknis perlu ditekankan. Selain itu dalam pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan untuk guru, tidak hanya aspek materi saja melainkan juga penekanan pada aspek kepribadian. 





BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan


Kompetensi diartikan sebagai kumpulan pengetahuan, perilaku dan keterampilan yang harus dimiliki guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan. Sedangkan yang dimaksud dengan kompetensi kepribadian adalah semua keterampilan yang ada, pengetahuan dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga ia dapat melaksanakan perbuatan-perbuatan yang bersifat kognitif, memiliki sifat afektif dan psikomotorik dengan baik
Aspek aspek kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru diantaranya adalah mantab, stabil dan dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan, berakhlak mulia, mengevaluasi kinerja sendiri dan mengembangkan diri.
.

3.2  Saran  

Guru adalah sosok panutan bagi peserta didik yang tentunya segala sikap yang ditunjukkan pada peserta didik nantinya akan di contoh. Oleh karena itu, kita sebagai calon guru harus melatih dan mempersiapkan diri untuk menjadi pribadi yang berkompeten sebagai seorang guru yang nantinya dapat membimbing peserta didik agar memiliki kepribadian yang baik pula.






DAFTAR PUSTAKA


Denim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Kencana Prenada Media 
Group: Jakarta.
Mulyasa. 2009. Standart Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya: 
Bandung.
Uno, Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi 
Pendidikan di Indonesia. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar