Animasi Bergerak

Sabtu, 12 Januari 2019

Tips mengelola keuangan dengan baik

Selamat tahun baru semua hehe...
Gimana resolusi kalian untuk tahun 2019 ini ? Pasti semuanya ingin jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya kan. Oke kali ini aku akan bagi tips mengelola keuangan dengan baik.

1. Pastikan dulu berapa pendapatan kita tiap bulan.
Ya kali pendapatan sendiri aja sampe gak tau. Jangan sampe begitu kalian punya uang atau habis gajian langsung pergi belanja buat beli barang barang yang mungkin kurang perlu dan tiba tiba uang kalian habis.
2. Perhatikan cicilan apa aja yang masih harus kalian lunasi.
Jangan tergiur dengan DP murah terus kalian bisa dengan mudahnya ambil cicilan ini itu sesuai keinginan kalian. Coba bedakan antara kebutuhan dan keinginan.
3. Catat semua kebutuhan pokok kalian selama satu bulan.
Kebutuhan tiap orang mungkin beda-beda tapi kebutuhan pokok pada umumnya bisa seperti makan, beli peralatan pribadi, make up, bayar listrik, beli kuota, beli bensin dll.
4. Jangan lupa sisihkan sebagian uang kalian untuk di tabung.
Menabung selain bermanfaat untuk kita jika kita membutuhkan uang sewaktu-waktu juga bisa bermanfaat untuk menggapai apa yang kita inginkan di masa mendatang.
5. Sisihkan juga sebagian uang kalian untuk berinvestasi.
Investasi yang dimaksud bisa berupa emas, properti, saham (bagi yang ahli), tanah dll.
6. Jangan gunakan kartu kredit selain untuk keperluan yang mendesak.
Berbelanja dengan menggunakan kartu kredit bisa menimbulkan banyak tunggakan jika kita tidak bisa bijak untuk menggunakannya. Hal tersebut justru tidak membantu kita namun malah menambah beban utang kita. Jadi gunakanlah kartu kredit untuk keperluan penting yang mendesak saja dan perhatikan bunga yang harus kita bayar lewat kartu kredit itu.
7. Atur rencana liburan anda.
Liburan sangat di butuhkan untuk menyegarkan pikiran kita dari kejenuhan beraktifitas. Tapi liburan juga harus direncanakan dengan baik sesuai dengan budget kita. Bisa kita tetapkan dengan cara memilih liburan tiap bulan atau tiap tahun.
8. Dari beberapa rincian di atas kita bisa membagi penghasilan kita sesuai proporsi yang ideal sebagai contoh 60% untuk kebutuhan pokok, 10% untuk di tabung, 15% untuk berinvestasi, 10% untuk cicilan dan 5% untuk liburan.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar